LAPORAN
PEMANTAPAN
KEMAMPUAN PROFESIONAL
PDGK
4501
PENGGUNAAN
MEDIA BATANG TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV
SDN MOJOROTO
KECAMATAN JATISRONO
KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Oleh
RINA WULANDARI
NIM.821367925
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU KEPENDIDIKAN
PROGRAM STUDI S1 PGSD
UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ SURAKARTA
POKJAR SUKOHARJO
2013
PENGESAHAN
Nama : RINA WULANDARI
NIM :
821367925
Program Studi :
S1 PGSD
Tempat mengajar :
SDN Mojoroto, Kecamatan Jatisrono,
Kabupaten Wonogiri
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : IV/1
Jumlah Pembelajaran : 2 siklus
Tanggal Pelaksanaan : Siklus 1 : Senin,
14
Oktober 2013
Siklus 2 : Senin, 28 Oktober
2013
JUDUL LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL :
PENGGUNAAN MEDIA BATANG
TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN MOJOROTO KECAMATAN JATISRONO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN
2013/2014.
Sukoharjo, 18 November 2013
Mengetahui,
Pembimbing
Drs. Agung
Prasetyono, M.Pd
NIP. 19670422 199203 1 004
|
Penyusun
Rina
Wulandari
NIM. 821367925
|
KATA
PENGANTAR
Puji syukur peneliti
panjatkan kehadirat Allah SWT atas karunia-Nya,
peneliti dapat menyelasaikan laporan Pemantapan Kemampuan Profesional
ini dengan baik. Kegiatan penelitian ini juga dilakukan untuk memperbaiki
proses pembelajaran dan diharapkan melalui penelitian ini proses dan hasil
belajar siswa meningkat.
Peneliti menyadari
bahwa keberhasilan penelitian ini karena dorongan dan dukungan dari banyak
pihak, untuk menyelesaikan laporan ini. Maka pada kesempatan ini peneliti dengan tulus menyampaikan terima kasih
kepada;
1.
Kepala UT UPBJJ Surakarta yang telah membantu
memberi kesempatan pada penulis untuk menimba ilmu.
2.
Bapak Drs. Agung Prasetyono, M.Pd
selaku Dosen Pembimbing yang telah memberikan bimbingan dan membantu
pelaksanaan penelitian dan penyusunan laporan ini.
3.
Bapak Miswadi, S.Pd selaku
supervisor 2 yang telah memberikan bimbingan dan membantu pelaksanaan penelitian
dan penyusunan laporan ini.
4.
Ibu Jamilah, S.Pd, M.Pd selaku kepala SDN Mojoroto.
5.
Rekan guru SDN Mojoroto yang telah berkenan
memberikan bantuan
6.
Keluarga yang telah memberikan dukungan selama
ini
7.
Semua
pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan PKP ini.
Peneliti menyadari bahwa
Laporan PKP ini masih banyak kekurangan, untuk itu kritik dan saran yang
bersifat membangun sebagai upaya perbaikan dan penyempurnaan, akan peneliti
terima dan harapkan.
Wonogiri, 21 Oktober 2013
Peneliti
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT
Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktek Pemantapan
Kemampuan Profesional (PKP) yang saya susun sebagai syarat untuk memenuhu mata
kuliah PKP pada program studi S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) selurunya
merupakan hasil karya saya sendiri.
Adapun
bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP yang saya kutip dari hasil
karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan
norma, kaidah, dan etika penulisan karya ilmiah.
Apabila di
kemudian hari ditemuka seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan hasil karya
sya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagia-bagian tertentu, saya bersedia
menerima sanksi, termasuk pencabutan gelar akademik yang sa sandang sesuai
dengan perundang-undangan yang berlaku
Sukoharjo,
02 November 2013
Yang membuat
pernyataan,
Rina
Wulandari
NIM821367925
ABSTRAK
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menjadi pelajaran yang sangat penting
sejak dikeluarkannya keputusan pada tahun pelajaran 2007/2008 bahwa mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menjadi salah satu pelajaran yang ikut di UN
kan, sehingga guru-guru harus memperbaiki metode pembelajaran dalam
menyampaikan mata pelajaran IPA. Guru menggunakan berbagai upaya yang diterapkan dalam
memberikan pelajaran supaya siswa memahami dan mampu menerapkan konsep IPA
dalam kehidupan sehari-hari.
Laporan
Pemantapan Kemampuan Profesional dengan judul “Penggunaan Media Batang Tumbuhan
untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Mojoroto Kecamatan
Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014”, bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas
IV pada pelajaran
IPA. Identifikasi masalah metode yang digunakan oleh guru dalam pelajaran IPA
kurang bervariasi dan belum menggunakan media
sehingga siswa belum dapat
memahami materi dalam pelajaran IPA. Manfaat
dari penelitian ini dapat
meningkatkan kreatifitas guru dalam penyusunan program dan proses pembelajaran
IPA hal ini akan meningkatkan tingkat keprofesionalan seorang guru.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana siklus 1 siswa hanya mengalami
peningkatan prestasi yang tidak terlalu banyak karena siswa kurang memahami
materi. Sedangkan siklus 2 Penguasaan materi pembelajaran IPA
dengan pembelajaran jenis batang tumbuhan dengan penggunaan media yang konkrit dan jelas, praktek
langsung lewat demostrasi siswa
lebih mudah memahami materi dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci:
Media, Prestasi Belajar






0 comments:
Post a Comment